,

5 Pertanyaan yang Bikin Penasaran Para Peserta SNMPTN


Pengumuman SNMPTN

Jadwal pendaftaran SNMPTN 2016 sudah di buka cukup lama, banyak sekali para adik-adik yang masih galau dengan pilihannya sendiri, bahkan masih banyak mencari jawaban atas apa yang ia temukan setelah mengenal apa yang namanya itu SNMPTN.

Dalam SNMPTN tidak semua orang bisa melihat seberapa besar peluang peserta yang terdaftar dapat diterima di program studi yang dia pilih.

SNMPTN itu bisa di ibaratkan “memancing ikan di air keruh”. Tapi jangan pula meremehkan begitu saja, karena SNMPTN merupakan kesempatan yang didapat “satu kali seumur hidup”, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik mungkin dan jangan pernah lelah berdo’a untuk hasil yang maksimal.

Sebagai salah satu orang yang pernah menjadi peserta SNMPTN dan kini banyak juga mungkin kawan-kawan mahasiswa di perguruan tinggi negeri maupun swasta pasti sering dicecar pertanyaan seputar SNMPTN oleh adik-adik kelas.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh adik kelas.

1. Akreditasi

doc: lp3m.undiksha.ac.id
doc: lp3m.undiksha.ac.id

Akreditasi biasanya menjadi sebuah daya tarik dan keunggulan dari sebuah jurusan atau perguruan tinggi, sebenarnya di saat kerja nanti, toh tidak semua perusahaan menanyakan akreditasi almamater kalian ketika lulus pada saat interview nanti. Tapi jangan asal memilih “asalkan perguruan tinggi negeri, apapun program studi nya apapun akreditasinya yang penting negeri”, walaupun PTN, kita juga bisa melihat apa perbedaan program studi yang masih C dan yang sudah A (akreditasi nya) dari berbagai aspek.

Tetapi bukan pula yang program studi yang masih berakreditasi C tidak mengalami perkembangan, setiap program studi akan terus berusaha mengembangkan program studi nya hingga mencapai peringkat A. Sementara di sisi lain, nyatanya tak semua PTN lebih baik ketimbang PTS dalam hal akreditasi.

2. Apa saja yang dipelajari dalam program studi

doc: giphy.com
doc: giphy.com

Dalam pertanyaan ini terkadang yang ditanya malah “curcol” masalah tugas kuliah dan dukanya yang katanya tidak kunjung berakhir di program studi tersebut. Sejak saat itu terkadang para adik-adik pejuang SNMPTN yang sebelumnya sudah jatuh hati dengan program studi tersebut malah dipertimbangkan kembali. Apalagi adik-adik yang masih begitu labil.

3. Prospek kerja

doc: caraspot.com
doc: caraspot.com

Kalau ditanya masalah prospek lulusan kerja, terkadang susah memberikan penjelasan. Kita lihat di Indonesia profesi dan jabatan terkadang tidak nyambung dengan latar belakang pendidikan. Ada yang seorang sarjana teknik nuklir bekerja di bank, sarjana teknik elektro bekerja di bagian marketing perusahaan farmasi, hingga pak Thomas Lembong, Menteri Perdagangan kita sekarang pun bukan seorang sarjana ekonomi, tapi seorang bergelar sarjana arsitektur.

Soal kerja mungkin itu soal kegigihan dan keberuntungan setiap orang, tetapi mendapat pekerjaan yang sesuai bidang dengan latar belakang pendidikan akan menjadi jauh lebih baik, ketimbang mesti beradaptasi dan kembali belajar karena profesi yang tidak sebidang.

4. Jumlah alumni SMA yang diterima di  program studi  tersebut pada tahun lalu

doc: nulisbuku.com
doc: nulisbuku.com

Menurut beberapa sumber yang saya dengar menyatakan bahwa, banyaknya jumlah alumni suatu SMA/MA yang diterima di suatu program studi di perguruan tinggi negeri, dapat mempengaruhi jumlah adik-adik kelas satu SMA/MA nya dulu untuk dapat diterima di program studi dan perguruan tinggi tersebut lewat jalur SNMPTN di tahun berikutnya.

Mungkin pernyataan itu ada benarnya apabila alumni SMA/K/MA tersebut berprestasi baik dan gemilang di perguruan tinggi tersebut, jadi bisa dikatakan perguruan tinggi negeri tersebut tidak merasa kapok menerima alumni dari SMA/K/MA tersebut, sebaliknya jika di tahun sebelumnya ada alumni yang mengundurkan diri atau tidak melakukan registrasi setelah dinyatakan diterima di suatu PTN pada jalur SNMPTN dapat juga sekolah tersebut mendapat sanksi berupa blacklist dari PTN tersebut.

5. Informasi tentang kebijakan PTN yang mengutamakan putra/I daerah untuk diterima di jalur SNMPTN

doc: micrositehai-online.com
doc: micrositehai-online.com

Banyak yang menanyakan perihal informasi ini terutama para peserta SNMPTN bakal calon mahasiswa baru perantau, termasuk pengalaman saya sendiri yang memilih menjadi mahasiswa perantau ketika SNMPTN meski akhirnya gagal dalam perjuangan di PTN.

Saya sendiri baru saja menemukan dua versi jawaban beberapa pekan lalu yang dua jawaban tersebut saling bertolak belakang dan karena sama sekali tak ada keterangan resmi dari pihak PTN terkait tentang diterapkan atau tidaknya kebijakan tersebut artinya tetap saja belum ada jawaban pasti dan biarkan hasil seleksi yang menjawab.

Tetaplah gunakan kesempatan hanya sekali ini dengan baik dan semaksimal mungkin, jangan terburu-buru juga jangan terlalu lama mempertimbangkan.

Sedikit pesan, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan satu kali seumur hidupmu. Jangan terlalu berharap besar di SNMPTN ini agar jika kemungkinan terburuk terjadi padamu di SNMPTN kamu tidak akan terlalu larut dalam kekecewaan yang begitu dalam.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%