,

7 Situs Web yang Menyediakan Jutaan E-book Gratis dan Legal!

Biaya pendidikan setiap tahun terus naik dalam kisaran 15%. Harga buku juga ikut-ikutan naik. Memang ilmu pengetahuan tidak murah. Tetapi untuk menjadi lebih cerdas, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Karena cerdas dan pintar adalah hak setiap orang.

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk tambah pintar adalah membaca buku. Harga buku mahal? Jangan khawatir. Di luar sana, banyak kok orang baik yang menyediakan berbagai wadah untuk berbagi buku dan pengetahuan secara gratis.

Legalkah? ya. Legal. Apa saja mereka? berikut daftarnya.

1. Project Gutenberg

doc: gen20.xyz
doc: gen20.xyz

Ini proyek besar yang digagas oleh Michael Hart. Ia mulai mengumpulkan buku-buku sejak 1971. Hingga kini, project ini sudah mengoleksi 49.000 judul buku yang bisa diunduh dan diakses secara legal. Jika digabungkan dengan seluruh situs-situs afiliasinya, maka jumlah judul buku lebih dari 100.000. Format yang ditawarkan adalah epub dan kindle.

Topik buku merentang dari berbagai subjek dari sastra, fabel, sejarah, sampai sains. Sebagian besar buku yang diunggah di sini adalah buku-buku yang hak reproduksinya sudah masuk ke dalam public domain. Jika kamu mencari buku-buku novel klasik, di sinilah tempatnya. Klik http://www.gutenberg.org/.

2. Open Library

doc: cdn.idntimes.com
doc: cdn.idntimes.com

Jika Project Gutenberg dieksekusi oleh para aktivisnya, Open Library ini adalah project raksasa yang melibatkan seluruh penggunanya. Sesuai namanya, ini adalah perpustakaan terbuka di mana kita bisa menempatkan buku kita di perpustakaan ini dan siapa pun bisa mengaksesnya dengan terbuka.

Layaknya perpustakaan, ada banyak e-book gratis yang hanya bisa dibaca secara online. Tetapi banyak pula yang bisa kita unduh dengan gratis untuk kita baca sewaktu-waktu tanpa koneksi internet. Klik https://openlibrary.org/.

3. OAPEN Library

doc: pic.accessify.com
doc: pic.accessify.com

Yang unik dari situs ini adalah, OAPEN Library fokus pada buku-buku akademik dalam ranah sosial humaniora. Lebih dari sekadar perpustakaan, OAPEN adalah perpustakaan plus plus. Di sini ada mekanisme peer review di mana hanya buku-buku yang sudah lolos uji baca para akademisi terpilihlah yang ditampilkan di situs ini. Jadi jangan khawatir dengan kualitas puluhan ribu buku yang ada di sini. Klik http://www.oapen.org/home.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 32

Upvotes: 16

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 16

Downvotes percentage: 50.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

Comments

comments

Panduan Mudah Jadi Mahasiswa Hits di Era Informatika

Mahasiswa FIsipol Lebih Tokcer Daripada Mahasiswa Ekonomi Dalam Hal-hal Berikut!