,

Apa Boleh Mahasiswa Baru Langsung Masuk Organisasi Kampus?

organisasi mahasiswa
doc: iran.raharja.info

Sebagai mahasiswa baru, tentu banyak pertanyaan di kepala kamu yang mesti terjawab dengan kondisi lingkungan barumu. Di awal-awal ini, pasti kamu masih berfikir bagaimana proses perkuliahan nanti.

Tapi, ada juga di antara kamu yang sudah tertarik ingin mengenal satu atau dua organisasi di internal kampus. Hal ini wajar, sebab pada masa awal sebelum kuliah, terutama pada masa orentasi, lembaga-lembaga kemahasiswaan diberi kesempatan mengenalkan organisasi mereka ke pada mahasiswa baru.

Nah, apakah boleh mahasiswa baru langsung ikut organisasi?

Mengenal oragnisasi kampus memang perlu. Tapi, kalau kamu langsung main masuk saja tanpa mempertimbangkan matang-matang, untuk sementara jangan dulu. Sebab sebagai mahasiswa baru, kamu harus fokus dulu untuk urusan akademik.

Perlu diingat, untuk program S1, kamu harus memprogramkan 24 Satuan Kredit Semester (SKS) pada semester satu. Itu harus diambil semua. Tujuannya, untuk mengukur kemampuan kamu dan menjadi bahan pertimbangan untuk semester selanjutnya.

Kalau kamu programnya 24 SKS, jam kuliahnya padat, hampir seminggu penuh, kecuali hari Sabtu dan Minggu.

Sebagai mahasiswa baru yang baru beradaptasi dengan kondisi akademik yang baru, kamu pasti kewalahan jika membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Karena organisasi kampus juga memberi tugas-tugas bagi anggota barunya.

Makanya disarankan, kamu harus fokus dulu di urusan kuliah. Sebab kalau nantinya kuliah kamu terbengkalai karena indeks prestasi (IP) kamu anjlok, pasti akan berpengaruh pada pemograman di semester selanjutnya.

Ini akan berdampak tidak baik bagi proses kuliah selanjutnya. Ingat, banyak mahasiswa yang kulaihnya lama, karena tak bisa mengatur waktu antara kuliah dan urusan lain, ikut organisasi kampus atau kerja sambilan di luar.

Karena kamu masih berstatus mahasiswa baru, lebih baik kulai saja dulu, nanti di semester-semester selanjutnya, baru masuk organisasi. Karena kamu sudah bisa belajar dari semseter satu bagaimana mengatur waktu untuk kuliah. Lagi pula, kalau sudah di semester dua atau tiga, tetntu kamu bukan mahasiswa baru lagi.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

Comments

comments

9 Tempat Angker yang Terkenal Paling Menyeramkan di Jogja, Siap Uji Nyali?

mahasiswa kuliah

Cara Gampang menjadi Eksis di Kampus dengan langkah-langkah Praktis