,

Buat Anak Kos, Beginilah Kamu Seharusnya!


Anak kost

Anak kos | Banyak banget kayaknya yang ngekos, ada yang ngekos karena kuliahnya jauh dari rumah, atau mungkin ada yang ngekos karena kerjanya jauh juga dari rumah. Saya yakin pasti banyak banget cerita suka dan duka yang terjadi selama kalian ng-kos.

Dalam tulisan ini saya bakal sharing atau mungkin juga curcol. Karena saya juga ngerasain gimana jadi anak kos, saya pengen nulis tentang beberapa hal yang diharuskan dimiliki oleh seorang anak kos. Siapa tau ini berguna buat kamu yang baru mulai ngekos.

1. Anak kos itu harus berani

sukses

Berani di sini maksudnya adalah harus bisa ngerjain segala sesuatu sendiri, misalnya: tidur sendiri, nyuci sendiri, makan sendiri, nyiapin semuanya sendiri, tanpa ada yang bantuin sama sekali.

Kamu harus berani ngadepin kondisi yang tentunya bakal jauh berbeda sama kondisi waktu dirumah. Disaat inilah waktunya kamu untuk belajar jadi manusia yang lebih dewasa, bukan manusia manja yang bisanya cuma nyempil dibawah ketek emak.

2. Anak kos itu harus hati-hati dalam pergaulan

mahasiswa kaya

Ini penting banget. Karena kita ngekos itu keluar dari rumah dan ninggalin orang tua bukan untuk berhur-hura, ngabisin uang, kebawa arus pergaulan bebas. Jangan karena kita jauh dari orangtua, jadi kebablasan gaulnya, jangaaaan!

Karena jauh dari orang tua, sebaiknya kita bisa buktiin sama orangtua kalo kita bisa dapetin sebuah prestasi dikampus ataupun dikantor. Walaupun jauh dari rumah dan lepas dari pengawasan ortu, kita harus nunjukin kualitas diri kita itu memang meningkat jauuh lebih baik, bukan sebaliknya.

3. Anak kos itu harus punya banyak teman

Kedokteran 2

Yakali mau hidup tanpa teman di perantauan dan jauh dari orang tua, kalo gak punya temen sama sekali di perantauan kan seram. Jadi kayak orang yang anti sosial nantinya.

Sebisa mungkin cari teman sebanyak-banyaknya, namanya kita tinggal jauh dari keluarga, kita kan gak tau kapan kita butuh pertolongan dari orang lain, jadi carilah teman yang banyak dan baik-baik jaga hubungan silaturahmi dengan mereka.

4. Anak kos itu harus banyak perhitungan

Gaji besar

Anak kos itu gak bisa seenaknya dalam ngegunain uang, kita harus pinter-pinter ngatur keuangan buat sehari-harinya. Apalagi soal makan, kita yang ngekos gak bisa seenaknya beli makan yang enak dan mahal setiap hari.

5. Anak kos itu harus ekstra sabar

ekstra-sabar

Harus ekstra sabar, karena dikosan kita gak bisa milikin semuanya sendiri, misalnya kamar mandi. Kalo pagi sudah pasti ngantri, karena semua harus berangkat beraktivitas pada jam yang bersamaan. Atau juga waktu mau nonton tv, gak bisa remote tv kita kuasain sendiri, karena yang lain juga punya hak yang sama.

Di sinilah kita harus belajar untuk sabar, dan lebih sadar diri untuk berbagi sama penghuni kos yang lain, lha wong sama-sama numpang, ya gak boleh egois lah. Namanya juga satu rumah, anggap aja keluarga sendiri, kadang kita harus ngalah sama sodara kita sendiri kan? Meski beda ya kalo di kosnya ada kamar mandi atau tv pribadi

Nah, itu dia beberapa hal yang menurut saya harus dimiliki sama orang yang mau ngekos. Ngekos tuh gak gampang. Kedengerannya aja sepele, padahal jadi anak kos itu harus siap lahir dan batin karena kita hidup jauh dari orang tua dan keluarga, kita dituntut harus hidup mandiri dan bijaksana.

Ya itu sih kalo menurut saya, kalo menurut kalian gimana? Silakan share kalo ada pendapat atau masukan lain, kita bisa diskusi bareng sambil santai.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%