1
like
198
view
Sekitar 4 minutes untuk Membaca

Memilih jurusan kuliah yang sesuai kadang menjadi hal yang membingungkan bagi mereka yang baru saja lulus SMA. Nah, untuk siswa dari kelas IPA mungkin daftar pilihan jurusan berikut bisa kamu pertimbangkan dan juga memiliki prospek bagus untuk kedepannya.

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Fakultas Matematika
news.okezone.com

Kamu jago hitung menghitung dan memutar logikamu nggak ada salahnya masuk jurusan ini. Setelah lulus nanti, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai keahlianmu (jangan lupa dibarengi ketekunan dan kerja keras).

Prospek Kerja: Staff atau Tim Lapangan Pertambangan dan Perminyakan

2. Teknik Sipil

Teknik Sipil
teknik.untag-smd.ac.id

Ini jurusan yang paling banyak pesaingnya. Kenapa? Soalnya lulusan teknik sipil banyak dicari di lapangan kerja. Prospek kerjanya juga banyak banget. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya proyek pembangunan infrastruktur. Kesuksesan sebuah proyek pembangunan pasti membutuhkan tenaga dan pikiran dari seorang insinyur.

Prospek kerja: Kontraktor

3. Teknik Elektro

Elektro
www.villamerah.web.id

Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata ‘elektro’? Mungkin sebagian besar langsung berpikir tentang listrik. Mungkin juga sebagian langsung teringat pada rangkaian di dalam smart phone atau device-device lain. Memang benar hal-hal tersebut memang berhubungan dengan elektro. Teknik Elektro adalah bidang engineering yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan umat manusia dalam ratusan tahun terakhir. Kontribusi EE diperkirakan akan semakin berkembang di masa depan.

Prospek Kerja: Operator dan Vendor

4. Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika

Teknik mesin
alijamuhammad.wordpress.com

Pemerintah terus melakukan pembangunan untuk PLTU di beberapa tahun mendatang dengan kapasitas 10.000 MW. Ini tentunya perlu melibatkan lulusan-lulusan dari teknik mesin, industri dan fisika.

Prospek Kerja: Teknisi dan Staff BUMN bidang Industri

5. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Ilmu komputer
www.anakui.com

Banyak perusahaan yang butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, apalagi melihat perkembangan teknologi yang seakan belum lelah berlari.

Prospek Kerja: IT, Maintenance, Web Designer