,

Inspiratif: Perjuangan Penyandang Tuna Netra Menembus PTN!

Masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi kebanggan tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat. Hal itu juga dirasakan Alfian Andhika Yudhistira (18 tahun).

Lulusan SMA Negeri 8 Surabaya ini diterima di Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pada 2016. Untuk dapat diterima di Unair, Alfian yang menyandang tuna netra sejak usia tiga bulan ini butuh perjuangan.

Saat ini, dia menjadi mahasiswa tuna netra total pertama yang diterima di Unair. Alfian juga lolos mendapat beasiswa Bidikmisi.

Alfian bercerita, awalnya dia mendaftar di Unair melalui jalur SNMPTN atau jalur undangan berdasarkan prestasi, dengan menyertakan tiga piagam penghargaan tingkat nasional dan internasional. Ketiga piagam itu, yakni piagam Participant Global IT Challenge Asia Pasific khusus difabel tahun 2015, Juara 2 Global IT Challenge Nasional kategori E-Design grup tahun 2015, dan Juara 1 Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika tingkat provinsi tahun 2015 untuk difabel.

Namun, dia tidak lolos di jalur ini. Padahal, teman-teman seangkatannya di sekolah banyak yang lolos tanpa menyertakan piagam.

Tak menyerah, Alfian mendaftar lagi melalui jalur SBMPTN atau jalur tertulis. Dia mengikuti tes seperti calon mahasiswa lainnya.

Namun, di jalur ini ia juga tidak lolos. Kemudian, ia mendaftar di jalur mandiri.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

Comments

comments

Jogja Berhati Nyam-nyam

Tidak Mendidik dan Sangat Kejam, Ini Foto-foto Ospek di Thailand yang Terkenal Mengerikan!