,

12 Kuliner Ekstrim Jogja yang Sangat Aneh Tapi Enak


7. Ular, Biawak dan Bulus

kedai tiga daraKetiga hewan itu menjadi andalan Kedai Tiga Dara. Pemiliknya adalah Pak Jun. Ia seorang pawang dan pemburu binatang buas yang telah dikenal seantero Jogja sejak 1974.

Kedai Tiga Dara khusus menyediakan ketiga olahan makanan dari ketiga binatang tersebut. Perlu keahlian khusus untuk memasaknya. Karena kalau salah pengolahan, khasiat penting dari kuliner ekstrim ini akan hilang.

Menu khas yang disajikan oleh Kedai Tiga Dara adalah daging ular goreng, daging ular kuah taoco, empedu ular, daging biawak goreng, biawak kuah taoco, bulus goreng, bulus tim. Sayangnya, kedai di Condongcatur ini sudah tutup. Namun kamu masih bisa memesan melalui telpon 087739413594 (@KedaiTigaDara).

8. Sate Landak

sate landak2
oyibanget.com

Kamu tentu tak pernah terbayang hewan berduri ini dijadikan makanan enak. Konon daging landak ini bermanfaat untuk obat asma, obat hati dan dagingnya non kolesterol.

Buat kamu yang jomblo, kamu bisa mencoba masakan ekor landak sebagai peningkat vitalitas dan daya tahan tubuh. Sate landak bisa kamu dapatkan di sekitar jalan Magelang.

Pemilik sekaligus pengelola rumah makan ini adalah ibu Nur Ika asal Klaten. Satu porsi sate landak dihargai 12.5rb, sate hati Rp. 15ribu, rica-rica landak 15rb, rica-rica buntut 20rb, dan beberapa menu berbahan baku landak dengan harga yang variatif.

9. Oseng-oseng Mercon

oseng mercon

Diantara makanan ekstrim lainnya, makanan ini yang paling banyak kita jumpai di Jogja. Oseng-oseng mercon bahkan telah menjadi makanan favorit mahasiswa Jogja.

Menu oseng-oseng mercon berisi oseng-oseng dengan tambahan daging sapi. Makanan ini disebut sebagai oseng-oseng mercon karena rasanya yang sangat pedas.

Pedasnya melebihi rasa pedas pada umumnya. Tapi kalau kamu sudah sering diomelin mantan, mungkin oseng-oseng ini akan jadi biasa aja pedasnya.

10. Sate Kuda

sate kudaKambing, ayam, dan sapi sudah lazim diolah menjadi sate. Tapi di Jogja kamu bisa menemukan sate yang berbahan daging kuda. Penjual sate kuda ini cukup banyak. Peminatnya juga banyak.

Ada yang menyukai sate kuda karena rasa dan tekstur dagingnya, ada pula karena khasiatnya. Daging kuda dipercaya bisa menyembuhkan reumatik, asma, dan meningkatkan kejantanan pria (jomblo). Tertarik?

Beberapa warung sate kuda yang terkenal adalah warung sate kuda milik Pak Kuncoro (Jl. Kranggan), Bu Rohmat (Jl. Parangtritis Km 7), Pak Singgih(Pojok Beteng Wetan), dan sate kuda Gondolayu (dekat jembatan Gondolayu/Jl. Jend. Sudirman).

Daging kuda di Jogja biasanya diperoleh dari pemotongan kuda di daerah Segoroyoso, Pleret, Bantul. Satu porsi sate kuda dibandrol dengan harga sekitar 13ribu-20ribu.

11. Ikan Sidat

Ikan sidatPostur tubuh ikan sidat sekilas mirip belut, hanya saja ukurannya lebih besar bahkan sampai 1 meter. Ikan sidat di Jogja sangat jarang ditemukan dan tidak bisa dikembangbiakkan, sehingga warung makan yang menyediakan ikan sidat juga sangat jarang.

Kuliner ini bisa didapatkan di Warung Bu Is, terletak di Jl. P. Purboyo, Kios Warak No.1, Sumberadi, Mlati, Sleman, 1 Km arah utara perempatan Cebongan, Sleman.

Menu ikan sidat dihidangan dalam bentuk rica-rica, sidat goreng, mangut sidat, sidat kukus dan ada beberapa menu lainnya. Warung Bu Is buka dari pukul 9.00 sampai 17.00 sore. Harga per porsi ikan sidat 25ribu. Tekstur ikan sidat sangat lembut, beda dengan ikan-ikan lain.

12. Bacem Kepala Kambing

bacem_kepala_kambingMungkin jarang orang menemukan makanan jenis ini. Karena kepala kambing biasanya diolah menjadi makanan sup. Itu pun jarang.

Kamu bisa mencoba bacem kepala kambing ini di warung bacem kepala kambing yang terletak di belakang pasar colombo (Jl. Kaliurang km. 7). Warung ini sudah sejak 1970an terkenal di Jogja.

Hingga kini telah memiliki pelanggan setia yang banyak. Harga satu porsi bacem kepala kambing sekitar 15ribu.

Itulah 12 kuliner ekstrim Jogja yang patut kamu coba bersama gebetan, lumayan buat menunjukkan kalo kamu orangnya banyak pengalaman.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%