,

10 Pahlawan Mahasiswa Tingkat Akhir yang Sering Terlupakan


Pahlawan bukan hanya orang yang berjuang melawan penjajah, tapi setiap orang pasti punya pahlawan masing-masing. Orang-orang yang telah berjasa dalam hidup kamu juga bisa disebut pahlawan untuk diri sendiri.

Begitu pula dengan mahasiswa tingkat akhir yang sdang berjuang mengejar wisuda. Paling tidak ada 10 pihak yang dianggap sangat berjasa bagi mahasiswa yang tengah menghadapi perjuangan sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Siapa saja mereka? Seperti dikutip dari laman brilio.net, Kamis (10/11) berikut 10 pahlawan bagi mahasiswa tingkat akhir.

1. Dosen pembimbing skripsi

dosen pembimbing
doc: educationquest.org

Tentu saja dia orang yang banyak membantu mengarahkan skripsimu agar menjadi skripsi yang benar & baik. Kamu bisa bayangkan kalau skripsi tanpa dosen pembimbing? Kamu pasti akan bingung dan kehilangan arah. Maka, peran dosen pembimbing dalam skripsi sudah pasti penting.

2. Pegawai tata usaha

pegawai tata usaha
doc: harianjogja.com

Orang akan semakin sering kamu mintain tolong saat menjadi mahasiswa akhir pastilah bapak dan ibu petugas TU. Sebab, kamu akan banyak membutuhkan berkas, atau surat pengantar untuk mengurus skripsi kamu. Makanya baik-baikin deh petugas TU biar kamu lancar ngurus keperluan berkas di kampus.

3. Petugas fotocopy

usaha-fotocopy (lokersumbagut.com)
doc: lokersumbagut.com

Apa jadinya kalau nggak ada tempat fotokopian? Kamu harus menyalin satu per satu skripsi kamu gimana coba?

4. Penjaga perpustakaan

penjaga perpus
doc: imgview.info

Selama skripsi kamu pasti butuh berbagai buku referensi. Perpustakaan pasti akan menjadi tempat yang juga paling sering kamu kunjungi selain ruangan dosen pembimbing.

5. Operator warnet

operator warnet
doc: fareninet.blogspot.com

Koneksi internet sudah seperti nyawa ke dua dalam proses penyusunan skripsi. Sangatlah penting guna mencari referensi atau jurnal pendukung skrispimu. Nggak heran jika banyak mahasiswa tingkat akhir yang menghabiskan waktunya buat ke warnet.

6. Kafe yang ada free wifinya

minumkopi.com
doc: minumkopi

Mahasiswa, apalagi tingkat akhir pasti nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya tongkrongan ber-WiFi. Makanya kafe dengan koneksi WiFi kencang hampr selalu rame dan jadi tempat yang juga sering dikunjungi mahasiswa tingkat akhir untuk nyekripsi.

7.  Kopi

kopi
doc: instanpowderdrink.com

Biar kuat begadang demi mengejar revisi kamu pasti juga sering minum kopi. Kopi akan membuat kamu terjaga lebih lama jadi kamu nggak ngantuk saat proses pengketikan skripsi.

8. Mie instan

dining.grivy.com
doc: dining.grivy.com

Anak kos atau mahasiswa pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya mie instan. Mi instan bisa jadi andalan di saat-saat malam hari kamu kelaparan saat sedang mengerjakan skripsi kamu.

9. Teman yang mau nemenin begadang

doc: instagram.com/ridhooaji
doc: instagram.com/ridhooaji

Ada banyak karakter teman yang muncul di kehidupan kampus. Salah satunya adalah karakter teman yang insomnia sekaligus mau diajak begadang bareng. Misalnya jika teman kamu juga sedang mengerjakan skripsi. Jadi kamu bisa bareng-bareng dia untuk begadang mengerjakan skripsi masing-masing dan bertukar pikiran. Asyik banget kan?

10. Orangtua

orang tua

Peran orangtua juga nggak kalah penting. Bahkan sangat penting, doa dan dukungan materi dari merekalah yang mengantarkan kamu menjadi seperti sekarang ini. Setuju?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%