,

Perjuangan Seru Anak Penjahit untuk Raih Kuliah Gratis di UGM!

Aulia Zara Reformasi

Pendidikan diperuntukkan bagi semua kalangan, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan finansial. Nyatanya, tekad dan usaha keras berhasil membawa Aulia Zara Reformasi lolos menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM). Bahkan, Revo, sapaan akrabnya, dibebaskan dari biaya kuliah.

Gadis kelahiran 15 Mei 1998 ini resmi menjadi mahasiswa di jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM. Meski seorang anak pejahit, Revo tetap semangat mengejar impiannya untuk bisa melajutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Senang dan bersyukur sekali bisa diterima kuliah di UGM, terlebih tidak dikenai biaya hingga selesai sehingga meringankan beban keluarga,” ungkapnya seperti dinukil dari laman UGM, Jumat (24/6/2016).

Sebelumnya, Revo sempat memiliki kehidupan yang lebih baik dari sekarang.

Ayahnya seorang pekerja di salah satu hotel di Yogyakarta sedangkan sang ibu menjadi penjahit yang cukup laris. Namun kehidupannya berubah saat sang ayah terkena stroke dan mengharuskannya untuk keluar dari pekerjaan.

Selama itu pula, sang ibu akhirnya menjadi tulang punggung keluarga. Sembari menjaga sang ayah, ibunda Revo akhirnya tidak bisa fokus dalam mengurusi usaha jahitnya.

“Usaha jahit ibu pun agak terbengkalai karena mengurus bapak yang sedang sakit,” ucapnya.

Bahkan rumah yang ditinggali oleh Revo dan orangtuanya merupakan rumah milik teman ayahnya yang ada di Kalimantan.

“Teman bapak orang Kalimantan punya rumah di sini yang tidak dipakai. Lalu Bapak diminta untuk tinggal di sini dan menjaga rumahnya,” imbuhnya.

Sang ibu, Dwi Dasa Warsi Mardiyani selalu mendukung anak-anaknya agar bisa melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan anak pertamanya baru saja lulus dari Fakultas Geografi UGM.

“Saya selalu mendukung anak-anak untuk bisa kuliah. Karenanya bersyukur sekali Revo bisa diterima di UGM, doa-doa saya selama ini terkabul,” ucapnya.

Dwi merasa bangga pada anak-anaknya yang bisa paham dengan kondisi mereka. Bahkan demi menambah uang jajan, tak jarang Revo memberikan les kepada tetangganya.

“Saya jadi terharu melihat usahanya itu, saya selalu berdoa untuk keberhasilan anak-anak saya,” tambahnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%