0
like
1.1K
view
Sekitar 4 minutes untuk Membaca

Masa depan ndak ada yang tahu, namun bisa diraba jika kita memulai menanam benih-benih postif sedini mungkin.

Saran untuk kamu yang ingin lanjut kuliah, sebaiknya pilih jurusan yang berprospek baik dengan tolak ukur gaji besar dan tentunya sesuai dengan minat & bakat. Memilih jurusan tentu bukan hal yang mudah bagi yang masih kebingungan. Kalau asal pilih jurusan bisa-bisa kandas di tengah semester yang membuat merasa terbebani.

Dengan memilih salah satu jurusan yang ada di dalam daftar ini, bukan berarti jaminan pekerjaan akan menanti. Ingat! Semua kembali ke diri masing-masing dan kesuksesan berada di tangan sendiri.

1. Pertambangan & Perminyakan

doc: content.jobsdb.co.id
doc: content.jobsdb.co.id

Sampai saat ini kuliah di perminyakan (jurusan Perminyakan, Geologi dan Geofisika, Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). masih terus akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di beberapa kota serta lapangan gas besar di perairan Natuna sangat menjanjikan untuk lapangan pekerjaaan.

Lulusan Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit, sementara kebutuhan banyak. Jangan takut tidak dapat kerjaan. Bagaimana tidak, permintaan sangat besar. Gaji? jangan tanya, kerja 15 tahun mungkin sudah cukup untuk membiayai ketika pensiun.

2. Teknik Sipil

doc: teknik.untag-smd.ac.id
doc: teknik.untag-smd.ac.id

Proyek pembangunan jalan & gedung akan menjadi lapangan kerja yang besar untuk lulusan jurusan ini. Untuk fakultas Teknik Sipil, Perguruan Tinggi yang terkenal adalah UII, & ITB dengan FTSL nya dan untuk Konsentrasi Jalan Tol.

3. Teknik Elektro

doc: maukulia.files.wordpress.com
doc: maukulia.files.wordpress.com

Dijamin, bidang Telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro khususnya konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang IT Telkom dan ITB dengan STEI nya.

4. Teknik Mesin,Teknik Fisika,Teknik Industri

doc: ft.ugm.ac.id
doc: ft.ugm.ac.id

Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. Dan juga beberapa mega proyek lainnya yang melibatkan berbagai engineer, terutama dari lulusan Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri.

5. Teknik Informatika

doc: irfanramadhan.blog.widyatama.ac.id
doc: irfanramadhan.blog.widyatama.ac.id

Jelas, Perusahaan mana yang nggak butuh staff IT ? Apalagi sekarang era startup & serba digital. Tentu lapangan kerjanya makin terbuka lebar. Kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web rate cukup tinggi.

Perguruan Tinggi yang terkenal akan jurusan IT nya yaitu Bina Nusantara (BINUS), STMIK AMIKOM, dan STMIK AKAKOM

6. Teknik Nuklir

doc: bloger-klaten.blogspot.co.id
doc: bloger-klaten.blogspot.co.id

Mau jadi penerus Albert Einsten & segala imajinasinya? Jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Belum lagi Pemerintah sudah mencanangkan Indonesia siap untuk memiliki PLTN.

Soal gaji ? jangan khawatir, gaji lulusan ini bersaing dengan Lulusan Teknik Perminyakan dan Tambang. Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ini sangat sedikit, yaitu UGM.

7. Teknologi Industri Pertanian/Agrobisnis

doc: unpad.ac.id
doc: unpad.ac.id

Jurusan ini masih sangat bagus prospeknya, dan mulai dilirik oleh para calon maba. Tapi, mereka bukan bagian exact engineering (di dominasi perhitungan). Sangat bagus jika kemampuan komunikasi dan bahasa kamu latih sebaik mungkin jika ingin masuk jurusan ini.

Kemampuan teknis tidak banyak dibutuhkan. Dan mungkin ditujukan bagi kamu yang senang berwiraswasta. Yang terkenal sudah pasti adalah IPB.

9. Teknik Energi

doc: mesin.pnj.ac.id
doc: mesin.pnj.ac.id

Pengembangan Energi Terbaru sangat butuh banyak pekerja. Contohnya saja beberapa proyek yang lagi booming semisal : Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), PLT Mikrohidro, PLT Biodiesel dan Bioethanol. Ndak usah ditanya berapa gajinya, yang pasti mereka berani membayar mahal pegawainya asal memenuhi kualifikasi yang diterapkan oleh beberapa perusahaan tersebut.

Lulusan jurusan ini juga sangat berpeluang untuk diterima di PT. Freeport, Exxon Mobile, Chevron, dan Pertamina. Perusahaan-perusahaan tersebut pasti butuh banyak untuk staff energinya.

10. Administrasi, Management, Hubungan Internasional, Politik

doc: fisip.unlam.ac.id
doc: fisip.unlam.ac.id

Ranah lapangan pekerjaan yang dapat diraih oleh jurusan ini adalah jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di institusi-institusi yang bergerak di sektor publik, seperti: pemerintah daerah, kementerian/departemen, lembaga non departemen, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perguruan tinggi, dan penyedia pelayanan publik.

Meskipun demikian, para lulusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara tetap didesain untuk adaptif bekerja di sektor privat, misalnya sebagai analis pekerjaan (job anayst), analis kebijakan (policy analyst), dan manajer pelayanan (service manager) di perusahan-perusahan swasta.

Memang agak janggal barangkali ketika para siswa memilih jurusan kuliah hanya karena prospek gajinya sangat besar. Memilih jurusan itu soal kenyamanan, tapi tak menutup kemungkinan dipengaruhi oleh orang tua, sanak saudara, dan juga para sahabat. Anggap saja gaji besar itu kejutan ketika melamar sebuah pekerjaan.