Penyebab Kulkas Tidak Dingin – Kulkas pertama kali ditemukan oleh fisikawan asal Persia yang melakukan serangkaian percobaannya pada abad ke-11. Ketika itu para ilmuwan itu menemukan kumparan pendingin yang dimasukkan ke dalam sebuah tabung. Benda yang diperkirakan kulkas itu digunakan sebagai tempat menyimpan benda-benda hasil percobaan, dan air.

Mesin pendingin pertama baru ditemukan pada 1748 oleh William Cullen di Universitas Glasgow. Tahun 1805, Oliver Evans berhasil merancang sebuah mesin pendingin yang menggunakan uap sebagai pengganti cairan pendingin. Kemudian pada tahun 1834, seorang ilmuwan asal Amerika, Jacob Perkins, menciptakan sistem pendingin kompresi, dan berhasil menyempurnakan temuan dari ilmuawan sebelumnya.

Pada tahun 1851, John Gorrie membuat inovasi baru dari penemuan alat pendingin yang sudah ada, dan dia berhasil menciptakan mesin yang dapat membuat es. Perkembangan mesin pendingin semakin meluas hampir di seluruh negara di dunia, termasuk di negara Australia melalui ilmuwan yang bernama James Harrison, yang berhasil membuat sistem pendinginan untuk digunakan dalam bidang industri makanan.

Sistem pendingin yang dibentuk menjadi sebuah alat, seperti yang sekarang kita kenal dengan nama kulkas, baru benar-benar dipakai pada 1922, ketika dua orang mahasiswa Royal Institute of Technology di Stockholm bernama Batlzar von Platen dan Carl Munters, berhasil menciptakannya. Kulkas kemudian mulai dipasarkan oleh perusahaan bernama Electrolux. Namun kulkas ketika itu belum terbuat dari besi, melainkan kotak kayu yang dilengkapi dengan compressor. Sehingga belum terlalu efektif untuk menyimpan es terlalu lama.

Produksi kulkas terus mengalami peningkatan dibidang elektronik di seluruh dunia pada 1927. Namun kulkas yang diproduksi ketika itu bahan utamanya menggunakan zat belerang dioksida, sehingga dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengatasi efek buruk bagi kesehatan itu, bahan pendingin yang digunakan dalam kulkas diganti menjadi zat Freon yang lebih aman bagi manusia.

Anda mengalami masalah pada Penyebab Kulkas Tidak Dingin atau cara mengatasinya, ini maslahnya!

Ini adalah 7 Penyebab kulkas nggak dingin!

Saat ini kulkas sudah menjadi perangkat rumah tangga yang wajib ada di setiap rumah.  Kulkas pun perlu perawatan tertentu agar awet dalam penggunaannya dan tidak menyulitkan ketika sewaktu-waktu rusak atau tidak dapat berfungsi secara maksimal. Kendala yang sering kali terjadi adalah kulkas tidak dingin lagi sehingga menyebabkan makanan yang tersimpan di dalamnya menjadi rusak. Ketika hal ini terjadi, bagaimana mengatasinya?

  1. Bunga es adalah penyebab utama kulkas tidak dingin

Saat Penyebab Kulkas Tidak Dingin penyebab utama yang mungkin terjadi adalah karena bunga es yang sudah terlalu tebal dan menutupi pada bagian lubang angin. Lubang angin juga berperan dalam mendinginkan suhu udara di dalam kulkas. Jika kulkas dirasa tidak dingin lagi, maka anda dapat memeriksa kondisi bunga esnya.

  1. Kulkas tidak dingin padahal masih baru

Ketika kamu sudah membeli kulkas yang masih baru, maka periksalah terlebih dahulu suhu udaranya setelah kamu hidupkan. Kulkas yang masih baru biasanya langsung menyala pada suhu yang relatif rendah sehingga menyebabkan kulkas tidak dapat dingin seperti biasanya.

  1. Menyimpan makanan panas mengakibatkan kulkas tidak dingin

Jika kamu sering menyimpan makanan yang masih dalam keadaan suhunya masih panas ke dalam kulkas bisa menyebabkan kulkas tidak dapat dingin? Hal ini dapat terjadi sesuai dengan logika dasar bahwa suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, maka suhu di sekitarnya pun akan mengikutinya.

  1. Jauhkan kulkas dari barang panas yang menyebabkan kulkas tidak dingin

Sama halnya dengan makanan yang masih keadaan panas yang dapat mengakibatkan kulkas tidak lagi dingin, peralatan yang menghasilkan suhu panas juga akan mempengaruhi kinerja dari kulkas itu sendiri. Kulkas bisa menjadi kurang dingin bahkan sampai kulkas tidak dingin sama sekali.

  1. Penyebab Kulkas Tidak Dingin bisa disebabkan oleh stop kontak

Semua peralatan rumah tangga umumnya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Namun, kita sering kali tidak mengetauhi apabila stop kontak yang kita gunakan ini tidak berfungsi dengan baik. Stop kontak yang sudah tidak berfungsi dengan baik dan bisa menjadi salah satu dari penyebab kulkas ini tidak dingin.

  1. Ketahui juga Freon menjadi faktor Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Penyebab lainnya dari kulkas tidak dingin adalah freon yang bocor atau habis. Kondisi ini bisa kita ketahui dengan cara memegang bagian belakang kulkas yang letaknya berdekatan dengan grill kulkas. Bagian ini merupakan bagian yang paling panas, karena panas dari freon akan dilepaskan di sini. Jika tidak terasa hangat pada freon, maka isi dari freon ini sudah habis dan harus diisi ulang lagi.

  1. Periksa Kondisi pintu kulkas karena Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Dibukanya pintu kulkas berkali-kali dalam sehari pintu kulkas bisa menyebabkan karet pintu kulkas tidak lagi berfungsi dengan baik. Jika karet  pelindung pada pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak bisa tertutup dengan sempurna. Jika menutup pintu kulkas kurang rapat, maka udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi langsung dengan udara sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan keluar dan menurun suhu dari kulkas itu menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

Itulah ke 7 cara mudah di atas yang perlu kamu ketahui untuk mengatasi kulkas tidak dingin yang sering terjadi secara tiba-tiba.