,

Spot Terbaik untuk Nikmati Lembayung Senja di Jogja

Senja, dalam KBBI, adalah waktu (hari) setengah gelap sesudah matahari terbenam. Semacam pintu gerbang menyambut malam setelah siang terang benderang. Warna jingga keemasannya yang menyihir memang benar-benar bisa membuat orang yang melihatnya menjadi puitis, romantis atau melankolis, atau juga hanya bisa berkata ‘wow’ atau diam tanpa kata.

Senja tak hanya bisa dinikmati di pantai saja, melainkan di atas bukit, di rel kereta api, di kolong jembatan atau bahkan di atap rumahmu pun kita bisa menikmati senja. Senja di Jogja ini akan sama dengan senja di kota itu, hanya benda-benda di sekitarnya dan siapa dengan siapa saja yang membuatnya berbeda.

Berdasarkan pengalaman penulis, berikut tempat-tempat (di Jogja) yang bisa kamu datangi untuk dapat menikmati cantiknya Senja di Jogja.

1. Candi Ijo

doc: jogja.lungo.id
doc: jogja.lungo.id

Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Candi ini dinamakan “Ijo” karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo.

Kompleks percandian yang membuka ke arah barat membuat Candi ini memang tepat dijadikan tempat menikmati senja dengan panorama indah, berupa persawahan dan nun jauh di sana nampak bentang alam pantai parangtritis yang seolah menelan matahari kala senja.

2. Hargodumilah “Bukit Bintang”

doc: indonesiana.merahputih.com
doc: indonesiana.merahputih.com

Bukit Bintang terletak di ruas jalan Jogja–Wonosari, sekitar 30 km dari kota Jogja. Jalan menuju tempat ini cukup menanjak dan berkelok, tapi untungnya ruas jalannya halus dan cukup lebar.

Duduk di pinggir tebing beton menghadap langsung ke Kota Jogja, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, atau nongkrong di warung-warung yang menyediakan kopi dan jagung bakar. Menjelang gelap lampu kota mulai menyala satu persatu seperti bintang. Langit yang bertabur bintang, serta ‘city lights’ menjadikan malam di Bukit Bintang semakin romantis.

3. Lereng Merapi

doc: shintawpulosari.blogspot.co.id
doc: shintawpulosari.blogspot.co.id

Sinar mentari yang terbenam di ufuk barat terlihat menarik untuk diabadikan. Senja dari lembah Gunung Merapi terlihat seperti langit yang terbakar. Dari lokasi ini, matahari yang tenggelam dapat terlihat dengan jelas karena tidak ada pepohonan yang menjadi penghalang.

4. Sungai Opak

doc: panoramio.com
doc: panoramio.com

Sungai Opak atau Kali Opak, begitu orang Jogja menyebutnya, merupakan sungai yang mengalir melintasi kabupaten Sleman dan Bantul. Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati senja. Sungai opak dan alirannya menjanjikan pemandangan senja yang menawan.

5. Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis
www.instagram.com/bebex_rock

Pantai Parangtritis adalah salah satu ikon wisata Jogja yang memiliki pesona senja yang indah. Golden Sunset yang membara atau senja yang syahdu romantis dengan warna lembayung yang mendominasi langit memanjakan pecinta senja.

Pantai Parangtritis berlokasi di selatan kota Jogja. Sekitar satu jam dari 0 km Jogja.

6. Bawah Fly Over Lempuyangan

doc: cafecafejogja.blogspot.co.id
doc: cafecafejogja.blogspot.co.id

‘Badug Lempuyangan’, begitu tempat ini disebut, adalah salah satu spot favorit untuk menikmati senja di kota Jogja. Dua setengah jam sebelum matahari tenggelam, tempat ini sudah dipenuhi oleh bukan hanya anak-anak, namun mereka yang sudah dewasa dan berkeluarga pun berkumpul di tempat ini merayakan senja melepas lelah sehabis bekerja.

Kebanyakan pengunjung duduk menyebar di bagian utara, dan sebagian di sebelah selatan rel. Beberapa pengunjung duduk manis diatas gelaran tikar sambil menikmati makanan dan minuman ringan yang dipesan dari para pedagang asongan.

Tak sedikit juga yang memilih untuk duduk-duduk dan bersenda gurau di atas rel yang sekilas tampak ‘mati. Selain menyajikan view matahari terbenam, para pedagang asongan memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan.

7. Istana Ratu Boko

by @sambonaventura taken at Candi Ratu Boko
instagram.com/sambonaventura

Terletak di bukit yang tinggi, kompleks reruntuhan istana megah yang dibangun pada abad ke-8 ini merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan lanskap senja. Sesuai dengan nama awalnya, Abhayagiri Vihara (biara di bukit yang penuh kedamaian), Kompleks Istana Ratu Boko menyajikan kedamaian yang berpadu dengan keindahan.

Di tempat ini Anda akan menyaksikan sunset yang mempesona berlatarkan Gunung Merapi serta Candi Prambanan di kejauhan. Jika senja berlalu dan malam mulai datang, Anda bisa bersantai di cafe dengan sajian pemandangan kerlip lampu di desa-desa lereng Merapi.

8. Embung Nglanggeran

Embung ngelanggeran
instagram.com/randityaangga

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang berupa bongkahan batu raksasa. Cukup tracking 1 jam Anda akan sampai puncak dan menikmati keindahan semesta dari ketinggian.

Sepanjang jalur pendakian gunung ini terdapat beberapa gazebo dan tempat pemberhentian, sehingga jika Anda tidak kuat bisa berhenti di salah satu tempat tersebut. Senja di Puncak Nglanggeran terbilang indah.

Anda dapat menyaksikan perubahan warna langit yang menawan serta mentari yang tenggelam di balik awan-awan atau di batas cakrawala.

9. Candi Prambanan

Candi Prambanan senja
www.instagram.com/bebex_rock

Candi ini terletak di timur Jogja. Candi Prambanan terkenal dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Di candi ini berkembang mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan putus.

Jadi buat kamu yang bingung nyari alasan buat mutusin pacar, ajaklah dia untuk menikmati senja di candi ini. Mendung senja yang menggelayut di langit dengan belaian angin yang sepoi, perlahan-lahan akan membuat hubungan kalian retak.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Loading…

Comments

comments

Kampung Tamansari

Jogja Berhati Mantan

Panduan Fotografi Ponsel untuk Foto Traveling